Kesalahan Fatal Orangtua Dalam Mendidik Anak


Mendidik anak adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orangtua. Pendidikan untuk anak tidak melulu pendidikan di sekolah atau yayasan tertentu. Pendidikan untuk anak harus dimulai dari lingkungan keluarga sebagai pendidikan dasar untuk membentengi pribadi anak. Dalam memberikan pendidikan dasar, alangkah lebih baiknya jika para orangtua menanamkan sifat-sifat moral pada anak.

Pendidikan moral untuk anak harus diberikan sejak usia dini sehingga kelak si kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang baik, bertanggung jawab, disiplin, mandiri dan sifat positif lainnya. Jika pendidikan moral tertanam dengan baik maka anak tidak akan kesusahan untuk menjalani hidup yang lebih baik pada masa yang akan datang. Bahkan si kecil akan menjadi pribadi yang berpreatasi di sekolah.

Namun dalam memberikan pendidikan seringkali banyak orang yang melakukan kesalahan sehingga hal ini memberikan dampak negatif terhadap tumbuh kembang anak. Lalu apa saja kesalahan yang sering dilakukan para orangtua dalam mendidik anak? Berikut ini Simak penjelasannya!

Kurang Memberikan Pengawasan
Nah, salah satu hal yang seringkali dilakukan oleh orangtua dalam mendidik anak yaitu kurang memberikan pengawasan. Anak-anak yang kurang perhatian dan kasih sayang akan tumbuh dengan sifat yang tak beraturan. Jangan sampai hal tersebut terjadi pada anak Anda karena akibatnya dalam jangka panjang terhadap psikologis anak.

Bukan Pendengar yang Baik
Tidak peduli dengan tumbuh kembang dan tidak bisa menjadi pendengar yang baik akan sangat fatal akibatnya bagi perkembangan psikologis anak. Sebagai orangtua hendaknya Anda menjadi seorang pendengar setia dan pendengar yang baik bagi anak. Dengan begitu maka si kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang baik karena merasa punya orang yang bisa mendengarkan semua keluh kesahnya.

Terlalu Berlebihan
Kebiasaan orangtua yang menghabiskan banyak waktu sendiri tanpa mendampingi anak sangat berpeluang terhadap hal negatif bagi tumbuh kembang anak secara psikologis. Luangkanlah banyak waktu untuk anak dan jangan terlalu berlebihan untuk membatasi kedekatan dengan anak.

Bertengkar Di Hadapan Anak
Jangan pernah bertengkar di depan anak karena hal tersebut sangat berbahaya terhadap perkembangan psikologis anak. Anak yang sering melihat orangtuanya bertengkar apalagi dengan kekerasan dan kata-kata kasar maka sangat berpotensi tumbuh menjadi pribadi yang kasar dan urakan.

Tidak Konsisten
Orangtua yang tidak konsisten akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologis anak. Anda sebagai orangtua hendaknya memiliki ucapan dan perbuatan yang konsisten serta sinkron. Jika Anda mengucapkan A maka lakukan A dan berilah contoh positif untuk anak atas apa yang Anda lakukan.

Demikian beberapa poin yang sebaiknya dihindari oleh para orangtua dalam mendidik anak. Bersikap positif dalam mendidik anaka akan melahirkan pribadi anak yang baik. Bersikaplah sewajarnya dan berikan pendidikan yang lembut dan penuh kasih sayang namun tidak membuat anak menjadi manja.